Wednesday 29 August 2012

Sony Xperia Tipo vs Nokia Asha 311, Pilih Android 4.0 ICS Atau Harga Murah?

Sony Xperia Tipo vs Nokia Asha 311, Pilih Android 4.0 ICS Atau Harga Murah? - Sony baru saja meluncurkan sony xperia tipo di indonesia, ponsel tersebut merupakan ponsel android termurah sony seri xperia. Dan kali gaptekers.com akan melakukan perbandingan Sony Xperia Tipo dengan ponsel low end juga yaitu Nokia Asha 311.
Memang perbedaan mencolok dari kedua ponsel ini sudah kita dapati yaitu OSnya, yang satu menggunakan OS android dan yang satu lagi menggunakan OS nokia s40. Tapi bagaimanapun juga kedua ponsel ini merupakan ponsel yang sedang booming dipasaran gadget indonesia karena harganya yang terjangkau. Baiklah biar tidak menunggu lama berikut ini perbedaan Sony Xperia Tipo vs Nokia Asha 311.



Ukurn Layar
Terkadang orang ketika membeli sebuah gadget baik smartphone ataupun tablet PC pertama kali mereka pasti melihat ukuran layarnya, agar nantinya besarnya ponsel terasa pas ketika dibawa kemana - mana. Untuk ukuran layar Sony Xperia Tipo hadir menggunakan layar berukuran 3.2" inci dengan resolusi 320x480 pixel dan mengusung full touch screen, sementara Nokia Asha 311 hadir dengan ukuran layar sedikit lebih kecil yaitu 3" inci dengan resolusi 240x320 pixel dan juga sama mengusung full touch screen.

Prosesor Dan OS
Ini merupakan bagian terpenting dalam sebuah ponsel, dimana dengan perpaduan yang tepat antara prosesor dan OS akan membuat kinerja sebuah ponsel secara maximal. Pada dapur pacunya ini Sony Xperia Tipo menggunakan prosesor berkecepatan 800Mhz yang dikombinasikan dengan sistem operasi android 4.0 ice cream sandwich, sementara nokia asha 311 yang memakai prosesor berkecepatan 1Ghz yang dipadukan dengan OS S40.
Sayang walau prosesor nokia 311 lebih cepat OS yang digunakannya tidak akan bisa menyai sony xperia tipo yang sudah memakai OS android, karena pada OS android kita akan bisa menginstal game dan aplikasi baru yang setiap hari jumlahnya semakin meningkat.

Kapasitas Data
Untuk menunjang kinerja prosesor dan OS, kapasitas data yang memadai cukup berpengaruh terutama RAMnya. Untuk itu xperia tipo yang sudah mengusung OS android memiliki kapasitas data yang lebih besar yaitu RAM 512Mb, memory internal 2,9Gb dan dukungan microSD sampai 32Gb, sementara untuk nokia 311 hanya memiliki RAM 128Mb, memory internal 140Mb dan juga didukung microSD sampai 32Gb.

Kamera
Disektor kamera nokia asha 311 hanya memiliki kamera belakang 3.15MP saja sehingga anda tidak bisa melakukan video call pada ponsel ini, sementara xperia tipo menawarkan kamera belakang 3.2"MP pada bagian belakang dan kamera VGA pada bagian depannya yang artinya dengan xperia tipo anda bisa melakukan video call.

Sim Card, Baterai Dan Jaringan
Untuk jaringannya kedua ponsel ini sudah bisa mengakses jaringan 3G/HSDPA dan sama - sama hanya dapat mendukung satu sim card saja. Sementara pada sumber dayanya nokia asha 311 menggunakan baterai berkapasitas 1110mAh, sementara untuk sony xperia tipo hadir dengan baterai berkapasitas lebih besar yaitu baterai standar 1500mAh.
Tetapi walau xperia tipo menggunakan baterai yang lebih besar tidak ada jaminan ponsel tersebut akan lebih irit, malah kemungkinan bisa lebih boros mengingat ponsel tersebut menggunakan OS android dan bisa melakukan vide call.

Harga
Fitur standar harga juga standar, itulah yang dilakukan nokia pada nokia asha 311 yang menurut situs jual beli kaskus sekarang bisa didapat dengan harga 900ribuan. Sementara sony xperia tipo dibandrol dengan harga 1,5 jutaan, sebenarnya harga tersebut merupakan harga termurah untuk sebuah smartphone android besutan vendor terkenal.

Kesimpulan
Jika dilihat dari ukuran layar, kapasitas data, sistem operasi dan fungsi lainnya jelas sony xperia tipo lebih unggul, tetapi harganya juga lebih mahal. Jadi jika anda menginginkan ponsel kelas menengah kebawah dengan sistem operasi android anda bisa memilih sony xperia tipo, tetapi jika anda masih belum membutuhkan ponsel berOS android dan cukup puas dengan OS s40 yang hanya bisa di instali aplikasi java saja anda bisa memilih nokia asha 311 yang keuntungannya harga lebih murah tentunya. Untuk lebih meyakinkan pilihan anda, silakan baca Review Dan Spesifikasi Sony Xperia Tipo disini dan untuk Review Dan Spesifikasi Nokia Asha 311 silakan baca disini.

No comments:

Post a Comment